Monday, March 10, 2014

Minder ? Gak Pe-De ? Simak Tips Berikut !


no self-confidence
Setiap orang pasti pernah punya masalah yang satu ini, yup Minder alias kurang percaya diri. Terutama anak - anak remaja yang masih dalam masa pertumbuhan dan penyesuaiannya dengan lingkungan sekitar. Mulai dari masalah fisik, kecerdasan mungkin, kepopuleran mungkin, takut berbuat salah, dan sebagainya.
Tapi, sebenarnya apa sih penyebab timbulnya ke gak pedean ini ?

Beberapa penyebabnya :

  • Bisa dimulai dari tingkah orang tua yang sejak awal terlalu memanjakan si anak. Orang tua yang tipe ini tau apa keinginan sang anak sehingga anak tersebut tinggal tunjuk - tunjuk apa keinginannya. Hal ini bisa berefek hingga ia besar, si anak menjadi sulit berkenalan dengan orang baru dan cenderung tidak bisa memulai percakapan ataupun perkenalan dengan orang baru.
  • Bisa juga karena awalnya orang tua sudah sangat banyak melarang si anak, sehingga ia pun sulit untuk berkenalan dengan teman baru.
  • Bisa juga karena lingkungan kamu yang mayoritasnya gak pedean atau bisa juga lingkungannya dikelilingi oleh orang - orang yang pemalu. Jadinya kamu juga terpengaruh oleh lingkungan kamu.
  • Takut salah. Biasanya alasan ini yang banyak dikemukakan oleh temen - temen saya di kelas. Tidak berani untuk mengutarakan pendapat atau bahkan pertanyaan kepada seseorang. atau takut melakukan sesuatu yang ntar hasilnya gagal.
  • Terpengaruh pendapat orang lain. Terkadang ada orang yang dikritik sedikit terus langsung jatuh pedenya. Sebenarnya, pendapat orang itu ga  harus kita ikutin semua kok. Belum tentu juga semua benar. Betul tidak ? Kita ambil aja mana yang baik, yang buruk - buruk bahkan sampai menjatuhkan lebih baik kita tinggalkan atau kalau ada pendapat yang bisa memperbaiki sesuatu yang jelek dari diri kita gak masalah kan kita ambil ;)
Itu sedikit penyebab yang mungkin bisa menimbulkan rasa ketidak pedean dalam diri kita.


Berikut adalah beberapa tipe Percaya Diri seseorang dilihat dari ilmu Psikologis :

  • Self - concept : Bagaimana anda menyimpulkan diri anda secara keseluruhan, bagaimana anda melihat potret diri anda secara keseluruhan, bagaimana anda mengkonsepsikan diri anda secara keseluruhan.
  • Self - esteem : Sejauh mana anda punya perasaan positif terhadap diri anda, sejauh mana anda mempunyai sesuatu yang berharga atau bernilai dalam diri anda, sejauh mana anda merasa memiliki sesuatu yang berharga dan bernilai dari dalam diri anda.
  • Self - efficacy : Sejauh mana keyakinan anda untuk dapat menyelesaikan suatu masalah ataupun tugas dengan hasil yang baik atau bagus (sukses) disebut dengan general self - efficacy. Sejauh mana anda meyakini kapasitas anda  dalam bidang anda dalam megatasi urusan tertentu disebut juga specific self - efficacy.
  • Self - confidence : Sejauh mana keyakinan anda atas kemampuan yang anda miliki dan sejauh mana anda merasakan kepantasan untuk berhasil. Self - confidence itu adalah gabungan dari self - esteem dan self - efficacy.
 Lalu, bagaimana cara ngatasi nya ???

Simak beberapa tips berikut:

  1. Kenali sesuatu yang bikin ga nyaman. Tidak ada manusia yang sempurna. Semua orang ga selamanya terus nyaman dengan dirinya. Selalu ada saja sesuatu yang bikin ga nyaman, bisa jadi karena berat badan bertambah, bisa jadi karena jerawat yang tiba - tiba nongol, bisa jadi masalah kekurangan uang jajan, atau bisa jadi juga karena nilai pelajaran yang turun drastis dan tugas - tugas yang ga kunjung selesai. Setelah kita tau apa hal yang bikin kita ga nyaman, ada baiknya kita share ke temen - temen, atau kepada siapa aja yang bisa ngasi pencerahan buat kita.
  2. Kenali keahlianmu. Tuhan itu Mahaadil, setiap manusia yang Ia ciptakan pasti memiliki suatu bakat tertentu yang terkadang belum bisa kita ketahui. Maka dari itu jangan pernah lelah untuk menggali potensimu. Bisa jadi apa yang hobi kamu lakukan saat ini bisa jadi karir suksesmu di masa depan. 
  3. Selalu Positive Thinking. Orang yang ga pede, terkadang selalu mikirin hal - hal negatif yang bakal timbul dari suatu kegiatan yang belum ia lakukan. Coba deh pikirin positif nya juga. Jangan pernah takut untuk menunjukkan keahlian atau kualitas kamu. Setidaknya kamu punya pengalaman baru yang akan berefek untuk diri kamu kedepannya.
  4. Tersenyum. Ini adalah cara paling mudah untuk meningkatkan rasa pede kamu. Tersenyum bisa bikin diri kamu rileks dan ga tegang. Sebelumnya, kamu bisa tarik nafas dulu lalu tersenyum dan katakan dalam hati kata - kata yang dapat meningkatkan rasa pede seperti : Bissmillahirrohmanirrohim, Yosh !, Semangat !, Fighting!. 
  5. Tatap mata lawan bicara. Terkadang ada orang yang kalau diajak ngomong tapi nunduk liatnya kebawah mulu. Coba deh kalau diajak orang ngomong sambil ditatap matanya. Cara ini juga ampuh untuk saat wawancara kerja maupun saat persentasi. Coba deh tatap semua wajah penonton/juri/peserta yang hadir sambil tersenyum. Hal ini otomatis akan membuat kamu semakin pede dengan diri kamu.
  6. Lupakan Standar yang ditetapkan orang lain. Terkadang ada tuh, orang yang bilang kalau yang kurus, putih, langsing, rambutnya lurus, dan semua serba sempurna itu cantik. Sedangkan, manusia tidak ada yang sesempurna itu termasuk diri kita. Lebih baik, lupakan aja deh apa standar mereka dan syukuri apa yang terlah diberi tuhan kepada kita. 
  7. Ikut Organisasi atau Event - event. Kalau di sekolah ada OSIS kenapa tidak kita coba jadi anggota pengurusnya ? atau kalau ada event - event kita bisa kok menawarkan diri jadi panitia. Terlalu sulit ? atau kita bisa ikut acara tertentu dan disitu kita bisa kenalan dengan orang baru. Langkah ini bisa bikin kamu jadi orang yang aktif dan percaya diri tentunya.
  8. Enjoy Your Iife !! Hidup itu ga usah dibawa sulit. Nikmatin aja hidup kita dengan hal - hal yang bermanfaat tentunya. asik bareng teman - teman, keluarga. Jika ada masalah jangan dipendam sendiri ga bakal selesai itu masalah justru malah menumpuk, lebih baik dibicarakan. Dan jangan lupa dekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Kuasa ^o^/
Sekian deh artikel yang puanjangnya sesuatu. Semoga beberapa tips - tips yang sudah disajikan bisa bermanfaat buat kita ^o^/
Banyak orang di luar sana yang selalu bilang "Kamu itu ga bisa ! Gak bakal bisa", tapi yang paling tau kemampuanmu itu adalah dirimu sendiri. 
Mundur kebelakang adalah langkah tercepat untuk mati. Lihat langit masih cerah udara, masih segar dan langkah ke depan adalah cahaya terang menuju masa depan. 
 src:
Dna berita
aku ingin sukses
Belajar psikologi
Google
My mind

Byebye minna san O/

0 comments:

Post a Comment

No BASHING! NO SARA!
Peace... ^-^v