Thursday, February 13, 2014

Mengenal Bahan Berbahaya pada Kosmetika


Kosmetik selalu erat kaitannya dengan kaum hawa. Bahkan perempuan jaman sekarang ga akan lepas dari yang namanya kosmetik, walaupun itu hanya sekedar face wash ataupun pelembab. Begitulah saking rajinnya perempuan itu merawat diri agar terus awet muda hohoho.
Tapi, ga semua perempuan tau apa sih kandungan pada kosmetikanya. Mungkin karena semuanya bahasa kimia gitu ya jadi ga pada ngerti xD
Sebagai perempuan cerdas abad ini, kita ga boleh
asal beli kosmetik tanpa tau apa bahan yang terkandung di dalamnya. Tau - tau ada bahan berbahaya tuh di kosmetiknya iiihhh horrorr -...-

Berikut beberapa bahan berbahaya yang sebaiknya kita hindari :

  1. Sodium Lauryl Sulfate (SLS) and Ammonium Lauryl Sulfate (ALS) Zat ini sering digunakan sebagai campuran shampoo, pasta gigi, sabun pembersih wajah, dan sabun mandi untuk membersihkan dan menciptakan banyak busa. SLS dan ALS dapat menyebabkan iritasi pada mata, ruam kulit, rambut rontok, ketombe pada kulit kepala dan reaksi alergi. Yang lebih bahaya lagi, zat ini dapat dengan mudah diserap tubuh sehingga dapat mengganggu kesehatan mata dan menyebabkan katarak. Sering kali kandungan zat ini disamarkan dalam pseudo-kosmetik alami dengan penjelasan dalam tanda kurung “berasal dari kelapa.” 
  2. METHYL AND PROPYL AND BUTYL AND ETHYL PARABEN

    Digunakan sebagai penghambat pertumbuhan bakteri dan untuk memperpanjang batas waktu kadaluarsa produk. Meskipun diketahui beracun, namun kandungan ini masih banyak digunakan. Efek yang mungkin terjadi adalah timbul banyak reaksi alergi dan ruam kulit.
    Bahkan penelitian terakhir di Inggris menyebutkan kandungan paraben yang tinggi dapat menyebabkan kanker payudara.

    Hasil diskusi dengan tentor kimia :
    Beberapa penelitian mengindikasikan paraben itu memicu kanker, terutama kanker payudara. Namun pihak industri mengklaimnya.
    Mereka mengatakan bahwa, tubuh manusia dapat menetralkan paraben, namun penelitian di tokyo mengatakan bahwa Paraben akan menjadi sangat berbahaya jika terkena sinar matahari karena bereaksi menjadi senyawa karsinogenik.
  3. PROPYLENE GLYCOL
    Idealnya, ini adalah gliserin sayuran yang dicampur dengan alkohol yang terbuat dari gandum. Propylene Glycol ditemukan pada beberapa produk kosmetik dan pembersih wajah. Zat ini dapat menyebabkan kemerahan pada kulit dan dermatitis kontak. Bahkan penelitian terakhir menunjukan bahwa zat ini juga dapat merusak ginjal dan hati.
  4. Isopropyl Alcohol
    Zat ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan merusak lapisan asam kulit sehingga bakteri dapat tumbuh dengan subur.
  5. SYNTHETIC COLORS
    Bahan sintetis warna diyakini sebagai penyebab kanker. Jika dalam produk kosmetik tertera kandungan ini, jangan sekali-kali menggunakannya.
  6. SYNTHETIC FRAGRANCES
    Wewangian sintetis yang digunakan dalam produk kosmetik mengandung sebanyak 200 zat kimia berbahaya. Bila Anda menggunakan produk wangi maka semua bahan kimia berbahaya bisa diserap dalam aliran darah melalui kulit. Bahan kimia ini dapat mengakibatkan efek samping seperti sakit kepala, pusing, ruam, hiper-pigmentasi, kekerasan batuk, muntah dan iritasi kulit.
  7. TRIETHANOLAMINE
    Sering digunakan dalam kosmetik untuk mengatur PH dan sebagai dasar bagi banyak produk pembersih. TRIETHANOLAMINE dapat menyebabkan reaksi alergi, termasuk masalah mata dan kekeringan pada rambut dan kulit. Bisa beracun jika diserap ke dalam tubuh dalam jangka waktu yang panjang.

    Selain itu hati-hati juga dengan zat berbahaya lainnya seperti DEA (Diethanolamine), TEA (Triethanolamine) and MEA (Monoethanolamine), alumunium, minyak mineral, dan Polyethylene Glycol (PEG).
 Lumayan banyak kan yah .___.
Untuk itu ladies harus tetap siaga dan perhatikan dulu bahan - bahan pada kosmetik sebelum membeli. Dan jika kosmetik ladies ada mengandung bahan - bahan di atas, ada baiknya untuk memusnahkannya dan mengganti dengan kosmetik lainnya yang lebih aman. Untuk cantik kita memang harus bayar mahal loh, jadi jangan mudah tergiur dengan kosmetika yang hasil instan murah dan berbahaya ^o^/
Salah satu shop online yang menyediakan berbagai skin care & make up branded nih guys ! Klik here
Sekian dulu ..
arigatou !!!
Dikutip dari berbagai sumber
sumber 1
sumber 2
sumber 3

0 comments:

Post a Comment

No BASHING! NO SARA!
Peace... ^-^v